Kita pasti masih ingat kecelakaan beruntun di tikungan pertama pada balapan di Catalunya tahun 2006 silam. Kecelakaan dengan tipe yang sama kerap terjadi pada saat para pembalap baru melesat meninggalkan garis start karena posisi seorang pembalap masih sangat rapat dengan pembalap lainnya. Tikungan pertama menjadi sangat krusial karena semua pembalap berusaha menyodok ke posisi depan dan hal ini sering membuat pembalap bersenggolan. Nah, akar masalahnya yaitu jika handle rem depan seorang pembalap tersentuh oleh bagian motor dari pembalap lain, maka berpotensi menimbulkan kecelakaan. Untuk itu mulai tahun depan, motor yang bertarung baik pada kelas Moto3, Moto2, maupun MotoGP wajib dilengkapi dengan pelindung rem alias brake protector.

Kecelakaan di Catalunya pada tahun 2006 tersebut menyeret Loris Capirossi, Randy de Puniet, Dani Pedrosa, dan Marco Melandri. Kecelakaan ini disebabkan karena tuas rem depan Ducati yang dikendarai oleh Sete Gibernau tersangkut pada motor Capirossi.

Pembalap Spanyol, Hector Barbera, juga pernah terlibat dalam kecelakaan tragis karena rem depannya tersangkut pada motor Marco Simoncelli saat mencoba bermanuver mendahului Super Sic setelah melakukan slipstream di trek lurus dengan kecepatan tinggi.

Pelindung rem sebelumnya sudah dipakai oleh beberapa pembalap seperti Scott Redding dan mantan juara dunia Moto2, Toni Elias. Namun mulai tahun depan pelindung rem merupakan suatu keharusan sejauh tidak mengganggu pembalap dalam mengoperasikan tuas rem depan tersebut.