Dalam dunia perbankan, kredit macet diselesaikan dengan 2 cara, yakni:

1. Secara damai

2. Melalui saluran hukum

Penjelasan:

1. Penyelesaian secara damai

Cara ini dilakukan apabila nasabah koperatif, ada niat baik untuk menyelesaikan kredit, usaha masih berjalan, hanya cash flownya masih kurang untuk menutup angsuran atau untuk melunasi kreitnya.

Penyelesaian seara damai terdapat 2 cara, yaitu:

a. Dengan rescheduling

b. Dengan Restrukturing

Dengan rescheduling, adalah dengan cara diberikan tambahan jangka waktu pelunasan. Misalnya 1 tahun ke depan. Pemberian tambahan jangka waktu ini harus dipertimbangkan repayment capacity nasabah ybs, sehingga pada akhir jangka waktu tambahan ini kredit dapat dilunasi. Pada rescheduling ini dapat dibarengi pula dengan pemberian suku bunga yang lebih rendah, sehingga akan meringankan angsuran bagi nasabah ybs. Jangan lupa dalam pemberian tambahan jangka waktu dan penurunan suku bunga ini harus dibuatkan secara notaril, sehingga kepentingan kreditur secara yuridis terlindungi dengan aman.

Dengan restructuring, adalah penyelamatan kredit dengan beberapa cara yakni penjadwalan kembali angsuran baik jumlah maupun jangka waktunya, pengurangan atau pembebasan tunggakan bunga, dan menurunkan suku bunga berjalan. Sudah barang tentu cara inipun harus memperhatikan cash flow dan repayment capacity nasabah ybs, sehingga jadwal angsuran yang disepakati akan dapat dipenuhi nasabah sampai kredit dibayar lunas.